Kamis, 29 November 2012

Purple Carrot

Pagi ini di bikin penasaran sama "purple carrot" alias wortel ungu. cantik banget penampilannya loh..


pic taken from here

Ternyata, wortel itu originally warnanya ungu!! Selain warna ungu, ada juga warna putih dan merah. tapi rasanya kurang manis dan tekturnya keras, jadi kurang enak kali ya.
Maka para ilmuwan jaman dulu mulai bereksperimen dengan mengawin-silangkan mereka, biar rasanya lebih manis dan empuk. Pada abad ke 17 di Belanda mulai dikembangkan wortel orange ini. menurut cerita siy, ini untuk menghormati William of Orange, siapakah dia? Coba tengok disini. Ada juga cerita yang mengatakan bahwa wortel orange ini di kembangkan agar matching sama "the national color of netherlands" hmm..masuk akal juga siy, karena ternyata William of Orange ini adalah founder of the House Orange-Nassau and the Netherlands as a state. Ya mungkin juga warna orange khas negara belanda ini karena si william ini ya hehe..
Mungkin ini juga yang menjadi alasan kenapa di Indonesia jarang sekali ditemukan purple carrot. Secara ni ya..Indonesia kan dijajah belanda 350 tahun lamanya..jadi mungkin  si purple carrot ini emang gak pernah dikenalkan di Indonesia.
Hmm..sedemikian besarnya ya..pengaruh politik sehingga sayuran pun kena imbasnya hehehe..

bye for now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar